Rabu, 12 Januari 2011

Kegunaan Disk Defragmenter

Disk Defragmenter adalah salah satu tool yang disediakan oleh Windows yang digunakan untuk menganalisa volume drive, dan untuk meng-alokasikan dan meng-konsolidasikan ulang file – file ataupun folder – folder yang terpisah – pisah.

Dengan bahasa umum kita bisa artikan bahwa Disk Defragmenter ini sangat berguna untuk menyusun kembali urutan – urutan sector (pecahan atau bagian) dari file atau folder sehingga memudahkan Windows untuk membaca file atau folder tersebut.

Analoginya kira – kira seperti ini, ketika kita membuka file Windows akan membaca mulai dari sector awal sampai dengan sector akhir dari file atau folder sebelum membuka file tersebut, banyangkan jika beberapa atau banyak bagian dari file atau folder tersebut terpisah – pisah dan tidak berurutan, maka ini akan menyulitkan Windows untuk membuka file tersebut. Itu baru satu memproses satu file atau folder lho. Bagaimana kalau banyak? Ujung – ujungnya ya kinerja Windows jadi lambat.

Untuk menjalankan tool ini yaitu dengan:
1. Tutup semua aplikasi yang masih terbuka, ini untuk memastikan proses defragment berjalan dengan sempurna
2. Klik menu [Start] – [Programs]- [Accessories] – [System Tools] – [Disk Defragmenter]
3. Pada daftar nama volume drive, klik salah satu untuk mengaktifkannya
4. Kemudian klik tombol Analyze untuk menganalisa saja atau klik tombol Defragment untuk menganalisa sekaligus men-defrag volume tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar